Mengenai Saya

Foto saya
palopo, Makassar/sulsel, Indonesia
Biasa jie...

Jumat, 07 Januari 2011

RPP TKJ Kelas X Semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Penerapan Konsef Dasar Listrik dan Elektronika
KELAS / SEMESTER : I / Gasal
PERTEMUAN KE : 1- 5
ALOKASI WAKTU : 12 x 45 meni
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Penerapan Konsep Dasar Listrik & Elektronika
KOMPETENSI DASAR : Memahami Teori kelistrikan
INDIKATOR :  Dijelaskan Struktur atom, komponen2 dari atom, dan mutannya serta pentingnya atom bagi teknologi elektronika.
 Dijelaskan manfaat dasar dari Kelistrikan
 Dijelaskan perbedaan antara Tegangan, Arus dan Resistansi
 Disebutkan dengan benar bahan-bahan resistif dan dijelaskan bagaimana resistor dipakai dalam bidang elektronika
 Ditunjukkan beberapa kegunaan kapasitor dan disebutkan beberapa jenis dan konstruksinya
 Dijelaskan bagaimana induktansi berhubungan dengan magnetism dan digambarkan konstruksi kumparan, inti dan kegunaannya
 Ditunjukkan perbandingan antara reaktansi dan resistansi dan digambarkan hubungannya dengan arus/ tegangan
 Dibandingkan antara impedansi dengan reaktansi dan resistansi, dan dijelaskan sebab dan akibat dari impedansi
 Bisa disebutkan dengan benar berbagai macam sumber tegangan, AC dan DC, battery, dll.
 Disebutkan rumus-rumus hukum Ohm untuk arus, tegangan, resistansi, dan daya serta kegunaannya

TUJUAN PEMBEJARAN : Setelah mengikuti Pembelajaran ini Siswa dapat :
 Menjelaskan struktur atom dan muatannya dengan benar
 Menjelaskan manfaat dasar dari kelistrikan dengan benar
 Menghitung daya listriik dengan
 Menjelaskan perbedaan antara tegangan arus dan resistansi dengan benar
 Menjelaskan bahan-bahan resistif dengan benar
 Menjelaskan konstruksi dan kegunaan kapasitor dengan benar
 Menjelaskan konstruksi induktansi dengan benar
 Menjelaskan hubungan magnetism, kumparan dan inti dengan benar
 Menjelaskan dengan gambar hubungan resistansi dan reaktansi
 Membandingkan antara reaktansi dan resistansi
 Menjelaskan macam-macam sumber tegangan dengan benar
 Menjelaskan pemakaian Hukum OHM dengan benar







MATERI PEMBELAJARAN:



































METODE PEMBELAJARAN:

• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya –Jawab
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal
• Berdoa /mengucapakan Salam sebelum pelajara dimulai
• Memberikan Motifasi / Apresiasi Belajar pada siswa



2. Kegiatana Inti
Menjelasakan Materi Pelajaran Teori Dasar Kelistrikan
Struktur Atom:
o Atom
 Proton
 Elektron
Kelistrikan Bahan :
o Konduktor
o Isolator
o Semikondukto
Reaktansi:
o Resistor
o Induktor

Sumber Tegangan Listrik
o Menghitung daya listrik
 Tegangan
 Arus
 Resistansi
Menjelaskan Macam-macam Sumber Tegangan
Hukum OHM
Menganalisa Rangkaian RLC

3. Kegiatan Akhir
• Refleksi (Memberikan kesempatan pada siswa untuk Tanya – jawab aka nisi materi yang sudah diberikan
• Pembererian tugas / praktek
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
 ALAT/BAHAN:
 Wait boart
 Spidol
 Modul / jobsheet
 Bread board
 Komponen R,L dan C
 LCD Proyektor

 SUMBER BELAJAR:
 Buku Teori dasar Kelistrikan/elektronika
 Internet
 Majalla Teknik










PENILAIAN :
o Tes Tertulis
o Tes Praktek
o Pengamatan/Obsevasi

TEST PORMATIF:
1. Jelaskan pengertian dari bahan semikonduktor?
2. Apa arti dari elektron valensi?
3. Apa yang dimaksud dengan semikonduktor intrinsik?
4. Sebutkan beberapa contoh semikonduktor bervalensi tiga?
KUNCI JAWABAN:
1. Semikonduktor adalah Unsur/bahan yang sifat-sifat kelistrikannya terletak antara sifat-sifat konduktor dan isolator. Sifat-sifat kelistrikan konduktor maupun isolator tidak mudah berubah oleh pengaruh temperatur, cahaya atau medan magnit, tetapi pada semikonduktor sifat-sifat tersebut sangat sensitive. Unsur/bahan semikonduktor adalah: Carbon (C), Silikon (Si) dan Germanium (Ge)
2. Elektron Valensi adalah electron yang menempati/terdapat pada kulit terluar dari satu Atom

3. Semikonduktor Intrisik adalah Semikonduktor Murni, yang mempunyai jumlah Elektron dan jumlah Hole sama. Konduktivitas semikonduktor intrinsik sangat rendah, karena terbatasnya jumlah pembawa muatan yakni hole maupun elektron bebas tersebut.
4. Contoh Unsur yang bervalensi tiga adalah Unsur Boron (B). Jika unsur ini dicampurkan dengan semikonduktor murni maka akan menghasilkan semikonduktor type- P.



Palopo, Juli 2010
Wakasek Kurikulum Guru Mata Pelajaran

Drs. Muh. Nasir, MT Drs. Subair
Nip. 19620508 198703 1 022 Nip. 19641231 199112 1 008







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Penerapan Konsef Dasar Listrik dan Elektronika
KELAS / SEMESTER : I / Gasal
PERTEMUAN : 6 -10
ALOKASI WAKTU : 24 x 45 meni
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Penerapan Konsep Dasar Listrik & Elektronika
KOMPETENSI DASAR : Mengenal Komponen Elektronika
INDIKATOR :

 Resistor dengan beragam nilai di-identifikasi berdasar kode warna atau kode lain dan bahan penyusunnya disebutkan disertai kegunaan masing-masing
 Jenis-jenis kapasitor di-identifikasi, dijelaskan fungsi utamanya dan bagaimana metode mengubah-ubah nilai kapasitansi, serta diterangkan tentang istilah muatan dan coulomb
 Jenis-jenis induktor di-identifikasi dan dijelaskan macam-macam bahan inti, serta bagaimana ukuran diameter kumparan dan kawatnya mempengaruhi nilai induktansinya
 Beberapa jenis transistor di-identifikasi berdasarkan jenis dan kegunaannya
 Thyristor dibandingkan dengan semikonduktor lain; diac, triac, dan SCR, dan dijelaskan kegunaan masing-masing
 Berbagai piranti optik yang umum disebutkan misalnya LED, LCD, Laser, dll. Digambarkan bagaimana photo-voltaic diaktifkan.

TUJUAN PEMBEJARAN : Setelah mengikuti Pembelajaran ini Siswa dapat :
 Menghitung nilai resistansi berbagai jenis resistor
 Menghitung nilai kapasistansi berbagai jenis kapasistor
 Menguji komponen pasif
 Memanfaatkan komponen pasif
 Memanfaatkan komponen aktif
 Mengidentifikasi jenis-jenis kapasitor
 Menjelaskan fungsi kapasitor
 Menjelaskan muatan pada kapasitor
 Menjelaskan jenis-jenis Induktor
 Menjelaskan jenis-jenis transistor
 Menjelaskan kegunaan transistor
 Menjelaskan kegunaan semikonduktor lain seperti DIAC, TRIAC dan SCR
 Menjelaskan batasan kerja dioda Zener












MATERI PEMBELAJARAN:
















































METODE PEMBELAJARAN:

• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya –Jawab
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal
• Berdoa /mengucapakan Salam sebelum pelajara dimulai
• Memberikan Motifasi / Apresiasi Belajar pada siswa
2. Kegiatan Inti
Menjelaskan materi tentang Komponen Elektronik;
• Resistor
• Kapasitor
• Induktor
• Transistor
• Dioda
• IC
• Microposessor
Mengidentifikasi Jenis & fungsi Komponen Elektronik
• Resistor
• Kapasitor
• Dioda
• Transistor
• IC
3. Kegiatan Akhir
• Refleksi (Memberikan kesempatan pada siswa untuk Tanya – jawab aka nisi materi yang sudah diberikan
• Pembererian tugas / praktek
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
 ALAT/BAHAN:
 Wait boart
 Spidol
 Modul / jobsheet
 Bread board
 Catu daya
 Komponen R,L dan C
 LCD Proyektor

 SUMBER BELAJAR:
 Buku Teori dasar Kelistrikan/elektronika
 Internet
 Majalla Teknik
PENILAIAN :
o Tes Tertulis
o Tes Praktek
o Pengamatan/Obsevasi
Tes formatif 2 .1
1) Jelaskan apa yang dimaksud :
a) Resistor
b) Kapasitor
c) Induktor

2) Apa arti kode 82 K Ohm 5% 10 W pada resistor ?
3) Apa arti kode 5 W 22 R J pada resistor ?
4) Apakah arti kode warna pada kapasitor berikut Coklat;hitam; jingga; putih; merah
5) Apa arti kode pada kapasitor : 562 J 100 V? 6)




Palopo, Juli 2010
Wakasek Kurikulum Guru Mata Pelajaran

Drs. Muh. Nasir, MT Drs. Subair
Nip. 19620508 198703 1 022 Nip. 19641231 199112 1 008










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Penerapan Konsef Dasar Listrik dan Elektronika
KELAS / SEMESTER : I / Gasal
PERTEMUAN : 31
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 meni
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Penerapan Konsep Dasar Listrik & Elektronika
KOMPETENSI DASAR : Menggunakan Alat Ukur Multimeter dan Kabel Tester

INDIKATOR : • Petunjuk operasi multimeter dibaca dan dipahami
• Multimeter diatur pada range dan pilihan pengukuran sesuai dengan keperluan pengukuran yang akan dilakukan
• Multimeter digunakan sesuai dengan petunjuk operasi kerja dan hasil pengukuran dibaca
• Aspek-aspek keamaan dilakukan sesuai dengan petunjuk kerja
• Petunjuk operasi LAN tester dibaca dan dipahami
• Aspek-aspek keamanan dilakukan sesuai dengan petunjuk kerja
TUJUAN PEMBEJARAN : Setelah mengikuti Pembelajaran ini Siswa dapat :
• Mengoperasikan Multimeter dengan bener

• Memilih batas ukur dengan benar

• Menjelaskan Keamanan penggunaan Multimeter dengan benar

• Menjelaskan Keamanan penggunaan Multimet dengan benar

• Mengoperasikan Kabel tester/LAN tester dengan benar

• Menjelaskan kemanan penggunaan LAN tester dengan benar

























MATERI PEMBELAJARAN:

























METODE PEMBELAJARAN:

• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya –Jawab
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal
• Berdoa /mengucapakan Salam sebelum pelajara dimulai
• Memberikan Motifasi / Apresiasi Belajar pada siswa
2. Kegiatan Inti
Menjelaskan materi tentang Alat Ukur Multimeter dan Kabel Tester
• Fungsi multimeter
• Multimeter terdiri dari
o Volt meter
o Ampere meter
o Ohm meter
• Multimeter digunakan sesuai dengan petunjuk operasi kerja dan hasil pengukuran dibaca
• Aspek-aspek keamaan dilakukan sesuai dengan petunjuk kerja
• Petunjuk operasi LAN tester dibaca dan dipahami
• Aspek-aspek keamanan dilakukan sesuai dengan petunjuk kerja

3. Kegiatan Akhir
• Refleksi (Memberikan kesempatan pada siswa untuk Tanya – jawab aka nisi materi yang sudah diberikan
• Pembererian tugas / praktek
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
 ALAT/BAHAN:
 Wait boart
 Spidol
 Modul / jobsheet
 Bread board
 Komponen R,L dan C
 Multimeter
 Kabel tester

 SUMBER BELAJAR:
 Buku Teori dasar Kelistrikan/elektronika
 Internet
 Majalla Teknik
PENILAIAN :
o Tes Tertulis
o Tes Praktek
o Pengamatan/Obsevasi

Palopo, Juli 2010
Wakasek Kurikulum Guru Mata Pelajaran

Drs. Muh. Nasir, MT Drs. Subair
Nip. 19620508 198703 1 022 Nip. 19641231 199112 1 008






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Penerapan Konsef Dasar Listrik dan Elektronika
KELAS / SEMESTER : I / Gasal
PERTEMUAN : 40
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 meni
STANDAR KOMPETENSI : Menguasai Penerapan Konsep Dasar Listrik & Elektronika
KOMPETENSI DASAR : Konsep Elektronika Digital
INDIKATOR : • Diterangkan jenis-jenis Konversi bilangan
• Digambarkan dan dijelaskan tentang kode ASCII
• Tiap-tiap jenis gerbang logika dasar di-identifikasi
• Diperagakan cara membuat tabel kebenaran dari tiap gerbang logika
• Diterangkan bagaimana cara kerja sebuah Counter
• Diterangkan fungsi flip-flop dan disebutkan jenis-jenisnya
• Diterangkan fungsi dari bus digital dan ditunjukkan bagaimana hubungannya dengan bagian lain
• Disebutkan jenis-jenis rangkaian display dan digambarkan bagaimana angka dan huruf ditampilkan
• Diterangkan fungsi dari clock pada komputer
• Ditunjukkan bagaimana “pulser” digunakan untuk pelacakan sinyal dan bagaimana probe logika dipakai untuk menguji keadaan pada peralatan digital
• Digambarkan rangkaian clock dan kegunaannya
TUJUAN PEMBEJARAN : Setelah mengikuti Pembelajaran ini Siswa dapat :
• Menerangkan jenis-jenis konversi bilangan

• Menjelaskan tentang kode ASCII

• Menjelaskan jenis-jenis gerbang dasar dan pemakaiannya

• Memperagakan cara membuat tabel kebenaran dari tiap gerbang logika

• Membuktikan tabel kebenaran

• Rangkaian logika dasar

• Rangkaian Display seven segment, LCD, dot matrik

• Rangkaian clock

• Menjelaskan jenis-jenis dan kegunaan flip-flop

• Menjelaskan fungsi bus digital

• Membuat rangkaian display yang menampilkan angka dan huruf

• Menjelaskan fungsi clock dalam komputer

• Menunjukkan bagaiman pulser digunakan untuk pelacakan sinyal

• Menggambarkan rangkaian clock

• Menjelaskan kegunaan rangkaian clock

• Membuat rangkaian Clock dengan menggunakan rangkaian IC 555

MATERI PEMBELAJARAN:
























METODE PEMBELAJARAN:

• Ceramah
• Demonstrasi
• Tanya –Jawab
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
1. Kegiatan Awal
• Berdoa /mengucapakan Salam sebelum pelajara dimulai
• Memberikan Motifasi / Apresiasi Belajar pada siswa
2. Kegiatan Inti
Menjelaskan materi tentang Konversi Bilangan dan Kode ASCII:
• Bilangan Desimal
• Bilangan Biner
• Bilangan Oktal
• Bilangan Heksadesimal
Kode ASCII
Gerbang Logika:
• Gerbang Dasar ( Not Gate, OR Gate, AND Gate, NOR gate, dll)
• Rangakaian Logi Kombinasi
• Jenis-jenis display
• Rangakaian Clock
• Flip-flop
• Fungsi Clok dalam komputer

3. Kegiatan Akhir
• Refleksi (Memberikan kesempatan pada siswa untuk Tanya – jawab aka nisi materi yang sudah diberikan
• Pembererian tugas / praktek
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR :
 ALAT/BAHAN:
 Wait boart
 Spidol
 Modul / jobsheet
 Bread board
 Komponen R,L dan C
 LCD Proyektor

 SUMBER BELAJAR:
 Buku Teori dasar Kelistrikan/elektronika
 Internet
 Majalla Teknik
PENILAIAN :
o Tes Tertulis
o Tes Praktek
o Pengamatan/Obsevasi

Palopo, Juli 2010
Wakasek Kurikulum Guru Mata Pelajaran

Drs. Muh. Nasir, MT Bahar,S.Kom
Nip. 19620508 198703 1 022 Nip. 19641231 199112 1 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar